Jenis burung

Memelihara Burung Cucak Ijo Lebih Menguntungkan

Burung cucak hijau atau cucak ijo jadi cucak ijo banyuwangi satu diantaranya style burung berkicau yang paling banyak disenangi pengagum burung di Indonesia. Kecuali merdu suara kicauannya, harga burung cucak ijo juga tinggi. Dari menangkar cucak ijo, pembudidaya bisa beroleh omzetRp 40 juta per bln..

Image result for cucak ijo

Burung cucak hijau atau cucak ijo jawara cucak ijo jadi satu diantaranya style burung berkicau yang paling banyak disenangi oleh kicau mania, sebutan sebagian pengagum burung berkicau.

Suara kicauan burung yang punya nama latin Chiropsis Sonnerati ini, tak kalah merdu ketimbang burung berkicau yang lain seperti murai batu dan kacer.

Kecuali suara kicauannya merdu, burung cucak hijau juga pandai ikuti berbagai style suara burung atau hewan yang lain. Karena itu, cucak ijo ialah satu diantaranya burung petarung di arena kontes burung berkicau.

Tak sulit buat sadari burung yang punya paras menarik ini. Sesuai sama namanya, burung cucak ijo punya bulu berwarna hijau yang menutupi sekujur tubuhnya. Cuma paruh dan kakinya yang berwarna hitam.

Pada umumnya, habitat burung cucak ijo di hutan-hutan lebat. Di Indonesia, burung ini paling ada banyak di daerah Malang, Banyuwangi, dan Kepulauan Sunda Besar.

Ada banyak style burung cucak ijo yang familier di grup kicau mania Indonesia. Pada lain, cucak ijo Jawa Timur yang datang dari daerah Jember, Banyuwangi dan sekitarnya. Selain itu, cucak ijo Kalimantan yang punya warna semburan biru di sekitar wajahnya.

Lantas, cucak ijo Sumatra. Cucak ijo asal Sumatra juga mudah dikenali karena di segi atas kepalanya ada bulu berwarna kuning dan biru mengkilap di segi pipinya.

Walau habitat aslinya di rimba, waktu ini sudah banyak warga di tanah air yang membudidayakan berbagai style burung cucak ijo.

Salah satu penangkar cucak ijo ialah Haji Sabri asal Jakarta. Sabri sudah membudidayakan cucak ijo mulai sejak 12 th. silam dengan bendera Pondok Kicau Bird Farm (PK Bird Farm). Saat ini, ada sekitar 75 gunakan burung cucak ijo dibudidayakan di penangkaran miliknya.

Sabri mengemukakan, usaha budidaya cucak ijo yang dirintisnya diawali dari hobynya memelihara burung berkicau. Dari hobynya itu, ia cobalah membudidayakan cucak ijo. ” Awalannya saya memelihara dua indukan cucak ijo, ” katanya.

Sabri punyai alasan sendiri membudidayakan cucak ijo. Menurutnya, kecuali pemberian pakannya mudah, harga cucak ijo di bursa market Indonesia termasuk juga bagus.

Saat ini, harga cucak ijo yang sudah berumur enam bln. bisa Rp 1, 3 juta per ekor. Untuk harga indukan, Sabri membanderol Rp 3, 7 per ekor. Masing-masing bln., Sabri bisa jual 10 gunakan cucak ijo. Dari hasil penjualan itu, Sabri mengaku bisa beroleh omzet Rp 40 juta per bln..

Pembudidaya burung cucak ijo yang lain ialah Enji Almansyahreza asal Jakarta. Enji telah membudidayakan cucak ijo mulai sejak th. 2009 di bawah bendera Enji Muray. Enji membudidayakan cucak ijo style Jawa Timur, Sumatra, dan Kalimantan.

Enji membudidayakan 30 ekor cucak ijo. Satu ekor cucak ijo style Kalimantan dan Sumatra dibandrol Enji Rp 500. 000 per ekor, cucak ijo Jember Rp 600. 000 dan style Banyuwangi Rp 750. 000 per ekor. Dalam 1 bln., Enji bisa jual 30-70 ekor cucak ijo. ” Omzet baru Rp 7 juta per bln., ” katanya.
Baca Juga : http://hargacara.com/ayam-bekisar.html
ayam bekisar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s